seni administrasi marketing online untuk restoran


Industri kuliner  memang dikala ini tumbuhbegitu pesat dibandingkan beberapa tahun terakhir , hal ini sanggup dilihat darisemakin banyaknya restauran atau cafe-cafe gres yang muncul di aneka macam daerah di jalan-jalan yang kita lalui setiap hari. Hal inimenandakan bahwa bisnis masakan berformat cafe dan resto menjadi segmen yangmemiliki prospek tinggi dan menguntungkan. 

Akan tetapi kondisi tersebut turut jugamenciptakakan tantangan dimana persaingan bisnis restoran menjadi semakinkompetitif dan resiko melarat yang semakin besar. Kesalahan dalam menerapkanstategi pemasaran menjadi satu hal yang menyebabkan suatu bisnis gulung tikarterutama pada kurun dimana dunia digital menyerupai media umum tengah mengalamipertumbuhan begitu ekspolit ,sehingga tercipta pemasaran online yang tengahmenjadi tren dikala ini , pemasaran online ini membuat konsumen sanggup terhubunglangsung dengan restauran (perusahaan) sehingga mempengaruhi motif mereka untukmembeli atau bahkan mengatakan rekomendasi online. 

Oleh alasannya itu saya kirasetiap perusahaan dalam hal ini sektor f&B restaurant perlu meningkatkanmarketing branding semoga mendapat laba yang besar di bandingkan denganresauran pesaing. Lalu , Bagaimana cara branding itu?                         

Mempromosikanstaff pada Konsumen
Staf yakni aset berharga dalam sebuah bisnis , makadari itu pihak restauran harus sanggup memanfaatkan talenta , keahlian , kepribadianserta semangat mereka dengan managemen yang sempurna serta membagikan momen-momenitu ke dalam media umum restauran. Dengan membagikan postingan ihwal mereka , pihak restoran telah membagi pandangan yang lebih baik ihwal kualitasrestoran beserta SDM restoran miliki , bahkan postingan tersebut sanggup sajadibagikan kembali oleh staf pada jejaring media umum pribadi mereka sehinggajangkauan postingan akan semakin besar



Fokusmenambah pengikut di aneka macam platform media sosial
Sebagai seorang yang aktif dalam memakai mediasosial , saya sering kali melihat beberapa merk memfokuskan pemasaran padainstagram , mereka mungkin saja menempuh aneka macam Cara untuk mendapatkanfollowers yang banyak dan itu berhasil bila dilihat perbandingan jumlahfollowers instagram yang biasanya jauh lebih banyak dari jumlah like difacebook. Padahal bila kita ulas lebih jauh , facebook mempunyai keunggulan lain ,dibanding instagram , facebook lebih efektif sebagai media promosi untukmengumpulkan ulasan konsumen. Testimoni dari orang-orang biasanya cukup suksesdalam mempengaruhi keputusan membeli. sedangkan instagram lebih efektif dalampromosi visual menyerupai postingan gambar sajian , daerah , akomodasi dll.

Bagaimana caranya? Menambah jumlah followersdiinstagram dan like di facebook sanggup memakai layanan iklan berbayarseperti google adwords yakni hal yang biasa , tapi ada juga cara lain yanglebih murah yakni dengan memanfaatkan metode promosi silang contohnya mendorongpengikut instagram untuk melike dan mengatakan ulasan di akun official facebookmelalui pengumuman di instagram dan mengatakan bonus kecil bagi mereka yangmemberikan ulasan terbaik

ThePower of Promo , Manfaatkan itu dengan baik dengan media sosial
Sudah menjadi diam-diam umum bila promosi diskon ataupun kupon dan gratisan selalu berhasil menarik pelanggan hal ini juga berlakuuntuk restoran , beberapa promo tersebut sanggup dilakukan dengan cara menyerupai ini :
  • Menggunakanhastag pada setiap postingan untuk mempermudah konsumen menemukan daerah , sajian ,lokasi bahkan promosi restoran kita , dengan begitu kita sanggup menjangkaukonsumen yang menjadi sasaran serta serta menambah jumlah followers
  • Strategilucky draw alias undian merupakan konsep promosi lain yang sanggup restoranterapkan dimana mereka akan diberikan nomer undian setiap kali tiba makan direstoran , pengumuman tersebut di adakan di akun media social resmi selama 1atau 2 ahad sekali , bagi mereka yang menang akan di berikan hadiah misalnyadengan gratis sajian kuliner atau diskon 30% dari total tagihan. Promosi sepertiini sanggup membantu mempertahankan dan membuat pelanggan baru
  • Menerapkankonsep happy hour yakni penawaran khusus di waktu-waktu tertentu misalnyamenawarkan paket sajian murah atau cuilan harga untuk beberapa item sajian hanyapada jam sibuk menyerupai jam istirahat atau jam pulang kantor. Strategi “happyhour” ini sanggup mengatakan dampak nyata untuk menarik pelanggan bahkanmerubah mereka menjadi konsumen loyal.
  • Menerapkanstrategi user generated content , istilah ini tidak ajaib saya dengar kala dudukdi kursi perkuliahan dulu , seni administrasi ini merujuk pada cara perusahaan melakukanpromosi dengan mamanfaatkan keterlibatan customer untuk menambah value danbranding restoran. Bahkan seni administrasi ini pernah dilakukan sturbucks saatmelaucing desain cup coffe terbaru mereka , alasannya ingin mengefisiensikan budgetpromosi mereka mengadakan kompetisi design cup coffe dimana para customerberlomba membuat design semenarik dan sekreatif mungkin , hasilnya mereka uploadke instagram dengan memakai hastag tertentu , pemenang akan mendapatkanhadiah dan design cup mereka akan menjadi cup resmi di starbucks. Strategiseperti itu benar-benar sanggup menguntungkan pihak restoran , bagaimana tidak ,melalui kompetisi tersebut pihak restoran telah menghemat banyak anggaran ,disisi lain mereka juga diuntungkan dengan branding yang semakin meningkatpula. 
  • Promosisampling , marketing terbaik pada bisnis masakan yakni soal rasa dan apakahrasa itu disukai oleh orang banyak atau tidak. Semakin yummy masakan yang dibuatdi sebuah restoran , customer yang puas biasanya akan mengatakan rekomendasimulut ke verbal bahkan online , semakin banyak review yang bagus akan membentukopini yang bagus juga pada calon konsumen potensial dan alhasil mereka datangke resto alasannya review tersebut. Metode sampling ini mempunyai laba yangbesar maka dari itu harus di manfaatkan dengan baik oleh pihak administrasi resto ,caranya , pihak resto sanggup menentukan sajian terbaik dan paling enak  dan membawa sampel kuliner tersebut ke acara-acara tertentu , mintaorang-orang untuk merasakan dan rekam bagaimana opini mereka ihwal masakan yanganda buat , opini terbaik sanggup diupload ke media umum sepertiinstagram dan facebook juga youtube
  • Bermitradengan aplikasi kuliner onlie harus menjadi pertimbangan dalam strategipemasaran restoran dikala ini. review dari aplikasi kuliner online sanggup mempengaruhikonsumen untuk tiba ke restoran kita. Beberapa aplikasi review kuliner diindonesia ini harus kita gunakan menyerupai : Zomato , Foodsessive , Mangan ,Wakuliner , Pergikuliner , Foody , Qraved , Chope , Klik-eat , Raja-makan , Kulineran ,HungryDash , Go-food , Grab-Food , dll.
  • Bekerjasama dengan para influencer dari Instagram dan Youtube , memakai parainfluencer untuk mempromosikan resto kita bener-bener cara branding yang sangatefektif , suatu waktu saya pernah melihat Mgdalenaf seorang food vlogger danselebgram membagikan video makan di sebuah warung bakso yang ia bagikan melaluiinstagram , video dengan durasi 1 menit itu berhasil di tonton lebih dari500.000 tayangan dan mengundang 1 ribu lebih komen , padahal ia hanya memakanbakso biasa.  Atau seorang youtuber RiaSWyang berhasil membuat warung seblak jeletet murni begitu laku dan boomingsetelah ia melaksanakan review kuliner disana. Kekuatan influencer yang begitubesar sanggup resto gunakan untuk promosi bisnis yang efekif. 
MemperkuatSEO Lokal
Selain melaksanakan marketing brending dengan mediasosial , pihak resto juga harus memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaanwebsite dan memasukanya kedalam seni administrasi pemasaran. Dibanding media sosialtentu website mempunyai banyak kelebihan menyerupai menambah kredibilitasperusahaan , layaknya brosur online website membuat restoran sanggup selaluterhubung dengan para konsumenya , gampang di jalan masuk serta sanggup menjangkau targetpasar yang lebih luas sehingga efektif. Karena fungsinya yang begitu besarinilah yang membuat persaingan website di search engine sangat kompetitif ,dengan pengelolaan yang tidak optimal maka percuma saja website yang dibuattidak akan mendatangkan benefit untuk perusahaan sendiri. Oleh alasannya ituoptimalisasi seo harus dilakukan semoga restoran kita berada di page one danmenjadi website teratas dalam pencarian di bandingkan para pesaing. 

Lalubagaimana cara meningkatkan Seo lokal itu?

•  Menggunakankeyword potensial untuk mendatangkan pelanggan
•  Mendapatkanreview sebanyak-banyaknya di akun Google My Business
•  Konsistendalam mengupdate konten di website
•  DanMenulis Blog!

Pentingnyamenulis Blog untuk branding
Sebagai seorang blogger dan cukup sering membuat tulisan-tulisan copywritersebuah produk , eksistensi blog mempunyai peranan penting dalam branding sebuahpersuahaan. Menulis blog di webstie merupakan cara yang bagus untuk membangunkomunitas dan membuat restoran tetap terhubung dengan pelanggan. Blogmemberikan kesempatan untuk memberitahukan pada konsumen ihwal eksistensi danciri khas restoran kita. Melalui blog kita sanggup menjangkau konsumen secaralebih spesifik dan memungkinkan website kita selalu muncul dalam seacrh enginesehingga kemungkinan orang-orang untuk tau dan mengingat merek kita jugasemakin besar. Artikel yakni kunci untuk membentuk gambaran dan mempengaruhikeputusan seseorang. Artikel merupakan konten utama yang dicari di searchengine , setiap orang yang masuk ke google selalu punya pertanyaan yang di caridan menginginkan balasan relevan atas pertanyaan mereka , maka kiprah artikelblog yakni memenuhi kebetuhan itu. pihak restoran sanggup membuat artikel-artikeldengan memakai keyword potensial yang sanggup mendatangkan trafik pembaca daripengujung nasional dan lokal . 

Dengan konsisten membuat artikel dengan keyword potensial menyerupai itu kitamempunyai kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat trafikwebsite kita menjadi pertama diantara restoran pesaing

Selain membuat artikel di blog website sendiri kitabisa berhubungan dengan para blogger untuk mengulas restoran kita melalui eventblog competion , cara branding menyerupai ini sering sekali dilakukan olehperusahaan-perusahaan besar contohnya Asus , Samsung , atau produk kecantikanseperti Ertos dan wardah setiap kali mereka mengeluarkan produk terbarunya. 


Mereka seringkali mengadakan blog competisi untuk membranding produk terbaru ,menciptakan ulasan nyata untuk perusahaan , menguasi aneka macam kata kunci dimesin pencari untuk menggaet calon konsumen sebanyak-banyaknya. Hal ini bisamenjadi cara efektif untuk memperkenalkan produk dengan cepat , karenapersentasi pembeli rasional itu sangatlah banyak , mereka cenderung mencari tahudulu sebelum membeli dan memakai sebuah produk atau jasa dengan terlebihdahulu melihat ulasan-ulasan orang di internet sebelum alhasil membelinya.

(keywords: cara meningkatkan laba restoran , seni administrasi pemasaran untuk restoran gres , seni administrasi marketing untuk restoran , seni administrasi marketing online untuk restoran , seni administrasi marketing offline untuk restoran)

mang rahmad
mang rahmad hallo assalam muallaikum perkenalkan saya rahmad asal dari kediri, lahir pada tanggal 23 maret 1992. tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi pengalaman seputar bisnis online dan informasi lainya semoga bermanfaat untuk anda ?

Tidak ada komentar untuk "seni administrasi marketing online untuk restoran "

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel