seni administrasi marketing online untuk restoran
Industri kuliner memang dikala ini
tumbuhbegitu pesat dibandingkan beberapa tahun terakhir , hal ini sanggup
dilihat darisemakin banyaknya restauran atau cafe-cafe gres yang muncul di aneka
macam daerah di jalan-jalan yang kita lalui setiap hari. Hal inimenandakan bahwa
bisnis masakan berformat cafe dan resto menjadi segmen yangmemiliki prospek
tinggi dan menguntungkan.
Akan tetapi kondisi tersebut turut
jugamenciptakakan tantangan dimana persaingan bisnis restoran menjadi
semakinkompetitif dan resiko melarat yang semakin besar. Kesalahan dalam
menerapkanstategi pemasaran menjadi satu hal yang menyebabkan suatu bisnis
gulung tikarterutama pada kurun dimana dunia digital menyerupai media umum
tengah mengalamipertumbuhan begitu ekspolit ,sehingga tercipta pemasaran online
yang tengahmenjadi tren dikala ini , pemasaran online ini membuat konsumen
sanggup terhubunglangsung dengan restauran (perusahaan) sehingga mempengaruhi
motif mereka untukmembeli atau bahkan mengatakan rekomendasi
online.
Oleh alasannya itu saya kirasetiap
perusahaan dalam hal ini sektor f&B restaurant perlu meningkatkanmarketing
branding semoga mendapat laba yang besar di bandingkan denganresauran
pesaing. Lalu ,
Bagaimana cara branding itu?
Mempromosikanstaff
pada Konsumen
Staf yakni
aset berharga dalam sebuah bisnis , makadari itu pihak restauran harus sanggup
memanfaatkan talenta , keahlian , kepribadianserta semangat mereka dengan
managemen yang sempurna serta membagikan momen-momenitu ke dalam media umum
restauran. Dengan membagikan postingan ihwal mereka , pihak restoran telah
membagi pandangan yang lebih baik ihwal kualitasrestoran beserta SDM restoran
miliki , bahkan postingan tersebut sanggup sajadibagikan kembali oleh staf pada
jejaring media umum pribadi mereka sehinggajangkauan postingan akan semakin
besar
Fokusmenambah
pengikut di aneka macam platform media sosial
Sebagai
seorang yang aktif dalam memakai mediasosial , saya sering kali melihat beberapa
merk memfokuskan pemasaran padainstagram , mereka mungkin saja menempuh aneka
macam Cara untuk mendapatkanfollowers yang banyak dan itu berhasil bila dilihat
perbandingan jumlahfollowers instagram yang biasanya jauh lebih banyak dari
jumlah like difacebook. Padahal bila kita ulas lebih jauh , facebook mempunyai
keunggulan lain ,dibanding instagram , facebook lebih efektif sebagai media
promosi untukmengumpulkan ulasan konsumen. Testimoni dari orang-orang biasanya
cukup suksesdalam mempengaruhi keputusan membeli. sedangkan instagram lebih
efektif dalampromosi visual menyerupai postingan gambar sajian , daerah ,
akomodasi dll.
Bagaimana
caranya? Menambah jumlah
followersdiinstagram dan like di facebook sanggup memakai layanan iklan
berbayarseperti google adwords yakni hal yang biasa , tapi ada juga cara lain
yanglebih murah yakni dengan memanfaatkan metode promosi silang contohnya
mendorongpengikut instagram untuk melike dan mengatakan ulasan di akun official
facebookmelalui pengumuman di instagram dan mengatakan bonus kecil bagi mereka
yangmemberikan ulasan terbaik
ThePower of Promo , Manfaatkan itu dengan baik dengan
media sosial
Sudah menjadi
diam-diam umum bila promosi diskon ataupun kupon dan gratisan selalu berhasil
menarik pelanggan hal ini juga berlakuuntuk restoran , beberapa promo tersebut
sanggup dilakukan dengan cara menyerupai ini :
- Menggunakanhastag pada setiap postingan untuk mempermudah konsumen menemukan daerah , sajian ,lokasi bahkan promosi restoran kita , dengan begitu kita sanggup menjangkaukonsumen yang menjadi sasaran serta serta menambah jumlah followers
- Strategilucky draw alias undian merupakan konsep promosi lain yang sanggup restoranterapkan dimana mereka akan diberikan nomer undian setiap kali tiba makan direstoran , pengumuman tersebut di adakan di akun media social resmi selama 1atau 2 ahad sekali , bagi mereka yang menang akan di berikan hadiah misalnyadengan gratis sajian kuliner atau diskon 30% dari total tagihan. Promosi sepertiini sanggup membantu mempertahankan dan membuat pelanggan baru
- Menerapkankonsep happy hour yakni penawaran khusus di waktu-waktu tertentu misalnyamenawarkan paket sajian murah atau cuilan harga untuk beberapa item sajian hanyapada jam sibuk menyerupai jam istirahat atau jam pulang kantor. Strategi “happyhour” ini sanggup mengatakan dampak nyata untuk menarik pelanggan bahkanmerubah mereka menjadi konsumen loyal.
- Menerapkanstrategi user generated content , istilah ini tidak ajaib saya dengar kala dudukdi kursi perkuliahan dulu , seni administrasi ini merujuk pada cara perusahaan melakukanpromosi dengan mamanfaatkan keterlibatan customer untuk menambah value danbranding restoran. Bahkan seni administrasi ini pernah dilakukan sturbucks saatmelaucing desain cup coffe terbaru mereka , alasannya ingin mengefisiensikan budgetpromosi mereka mengadakan kompetisi design cup coffe dimana para customerberlomba membuat design semenarik dan sekreatif mungkin , hasilnya mereka uploadke instagram dengan memakai hastag tertentu , pemenang akan mendapatkanhadiah dan design cup mereka akan menjadi cup resmi di starbucks. Strategiseperti itu benar-benar sanggup menguntungkan pihak restoran , bagaimana tidak ,melalui kompetisi tersebut pihak restoran telah menghemat banyak anggaran ,disisi lain mereka juga diuntungkan dengan branding yang semakin meningkatpula.
- Promosisampling , marketing terbaik pada bisnis masakan yakni soal rasa dan apakahrasa itu disukai oleh orang banyak atau tidak. Semakin yummy masakan yang dibuatdi sebuah restoran , customer yang puas biasanya akan mengatakan rekomendasimulut ke verbal bahkan online , semakin banyak review yang bagus akan membentukopini yang bagus juga pada calon konsumen potensial dan alhasil mereka datangke resto alasannya review tersebut. Metode sampling ini mempunyai laba yangbesar maka dari itu harus di manfaatkan dengan baik oleh pihak administrasi resto ,caranya , pihak resto sanggup menentukan sajian terbaik dan paling enak dan membawa sampel kuliner tersebut ke acara-acara tertentu , mintaorang-orang untuk merasakan dan rekam bagaimana opini mereka ihwal masakan yanganda buat , opini terbaik sanggup diupload ke media umum sepertiinstagram dan facebook juga youtube
- Bermitradengan aplikasi kuliner onlie harus menjadi pertimbangan dalam strategipemasaran restoran dikala ini. review dari aplikasi kuliner online sanggup mempengaruhikonsumen untuk tiba ke restoran kita. Beberapa aplikasi review kuliner diindonesia ini harus kita gunakan menyerupai : Zomato , Foodsessive , Mangan ,Wakuliner , Pergikuliner , Foody , Qraved , Chope , Klik-eat , Raja-makan , Kulineran ,HungryDash , Go-food , Grab-Food , dll.
- Bekerjasama dengan para influencer dari Instagram dan Youtube , memakai parainfluencer untuk mempromosikan resto kita bener-bener cara branding yang sangatefektif , suatu waktu saya pernah melihat Mgdalenaf seorang food vlogger danselebgram membagikan video makan di sebuah warung bakso yang ia bagikan melaluiinstagram , video dengan durasi 1 menit itu berhasil di tonton lebih dari500.000 tayangan dan mengundang 1 ribu lebih komen , padahal ia hanya memakanbakso biasa. Atau seorang youtuber RiaSWyang berhasil membuat warung seblak jeletet murni begitu laku dan boomingsetelah ia melaksanakan review kuliner disana. Kekuatan influencer yang begitubesar sanggup resto gunakan untuk promosi bisnis yang efekif.
MemperkuatSEO Lokal
Selain
melaksanakan marketing brending dengan mediasosial , pihak resto juga harus
memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaanwebsite dan memasukanya kedalam seni
administrasi pemasaran. Dibanding media sosialtentu website mempunyai banyak
kelebihan menyerupai menambah kredibilitasperusahaan , layaknya brosur online
website membuat restoran sanggup selaluterhubung dengan para konsumenya ,
gampang di jalan masuk serta sanggup menjangkau targetpasar yang lebih luas
sehingga efektif. Karena fungsinya yang begitu besarinilah yang membuat
persaingan website di search engine sangat kompetitif ,dengan pengelolaan yang
tidak optimal maka percuma saja website yang dibuattidak akan mendatangkan
benefit untuk perusahaan sendiri. Oleh alasannya ituoptimalisasi seo harus
dilakukan semoga restoran kita berada di page one danmenjadi website teratas
dalam pencarian di bandingkan para pesaing.
Lalubagaimana cara meningkatkan Seo lokal
itu?
• Menggunakankeyword potensial untuk
mendatangkan pelanggan
• Mendapatkanreview sebanyak-banyaknya di akun
Google My Business
• Konsistendalam mengupdate konten di
website
• DanMenulis Blog!
Pentingnyamenulis Blog untuk branding
Sebagai
seorang blogger dan cukup sering membuat tulisan-tulisan copywritersebuah produk
, eksistensi blog mempunyai peranan penting dalam branding sebuahpersuahaan.
Menulis blog di webstie merupakan cara yang bagus untuk membangunkomunitas dan
membuat restoran tetap terhubung dengan pelanggan. Blogmemberikan kesempatan
untuk memberitahukan pada konsumen ihwal eksistensi danciri khas restoran kita.
Melalui blog kita sanggup menjangkau konsumen secaralebih spesifik dan
memungkinkan website kita selalu muncul dalam seacrh enginesehingga kemungkinan
orang-orang untuk tau dan mengingat merek kita jugasemakin besar. Artikel yakni
kunci untuk membentuk gambaran dan mempengaruhikeputusan seseorang. Artikel
merupakan konten utama yang dicari di searchengine , setiap orang yang masuk ke
google selalu punya pertanyaan yang di caridan menginginkan balasan relevan atas
pertanyaan mereka , maka kiprah artikelblog yakni memenuhi kebetuhan itu. pihak
restoran sanggup membuat artikel-artikeldengan memakai keyword potensial yang
sanggup mendatangkan trafik pembaca daripengujung nasional dan lokal
.
Dengan
konsisten membuat artikel dengan keyword potensial menyerupai itu kitamempunyai
kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat trafikwebsite
kita menjadi pertama diantara restoran pesaing
Selain
membuat artikel di blog website sendiri kitabisa berhubungan dengan para blogger
untuk mengulas restoran kita melalui eventblog competion , cara branding
menyerupai ini sering sekali dilakukan olehperusahaan-perusahaan besar contohnya
Asus , Samsung , atau produk kecantikanseperti Ertos dan wardah setiap kali
mereka mengeluarkan produk terbarunya.
Mereka
seringkali mengadakan blog competisi untuk membranding produk terbaru
,menciptakan ulasan nyata untuk perusahaan , menguasi aneka macam kata kunci
dimesin pencari untuk menggaet calon konsumen sebanyak-banyaknya. Hal ini
bisamenjadi cara efektif untuk memperkenalkan produk dengan cepat ,
karenapersentasi pembeli rasional itu sangatlah banyak , mereka cenderung
mencari tahudulu sebelum membeli dan memakai sebuah produk atau jasa dengan
terlebihdahulu melihat ulasan-ulasan orang di internet sebelum alhasil
membelinya.
(keywords: cara meningkatkan laba restoran , seni administrasi pemasaran untuk restoran gres , seni administrasi marketing untuk restoran , seni administrasi marketing online untuk restoran , seni administrasi marketing offline untuk restoran)
(keywords: cara meningkatkan laba restoran , seni administrasi pemasaran untuk restoran gres , seni administrasi marketing untuk restoran , seni administrasi marketing online untuk restoran , seni administrasi marketing offline untuk restoran)
Tidak ada komentar untuk "seni administrasi marketing online untuk restoran "
Posting Komentar